120 Guru Mapel SMP Ikuti Workshop Bedah SKL dan Kisi-Kisi

KREJENGAN – Sebanyak 120 orang guru mata pelajaran (mapel) SMP di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo mengikuti Workshop Bedah SKL (Standar Kompetensi Lulusan) dan Kisi-kisi yang digelar oleh Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo di SMP Negeri 2 Krejengan, Selasa dan Rabu (4-5/2/2020).

Ratusan guru mapel SMP tersebut terbagi dalam 6 (enam) mapel diantaranya Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi didampingi Kepala Bidang Pembinaan SMP Saiful Anwar, Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP Sudarsono serta narasumber dari Pengawas yang membidangi 6 (enam) mapel tersebut.

Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP Dispendik Kabupaten Probolinggo Sudarsono mengatakan kegiatan ini bertujuan agar para guru mapel mampu menganalisis SKL dan Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) tahun 2020. “Selain itu, guru mampu membuat kumpulan soal sesuai kisi-kisi dan mampu membuat aplikasi (quiz ispring dan link HTML),” ujarnya.

Menurut Sudarsono, dengan kegiatan ini guru mapel bisa membuat soal dengan baik dan benar sesuai standart. “Sekaligus melatih para guru mata pelajaran membuat naskah soal sesuai dengan kisi-kisi dan indikatornya,” tegasnya.

Sementara Plt Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi meminta kepada para guru mapel agar hendaknya anak didik bukan hanya diajarkan bagaimana memperoleh nilai yang bagus saja, tetapi juga mengajarkan akhlakul karimah dan budi pekerti yang luhur.

“Jadi kalau bisa anak didik di Kabupaten Probolinggo bukan hanya nilainya saja yang bagus, tetapi akhlaknya juga harus bagus. Sehingga mampu menciptakan generasi muda yang berakhlakul karimah,” katanya. (wan)