Belajar Demokrasi Pemilu, Siswa SDN Patokan 1 Pilih Ketua OSIS

KRAKSAAN – SDN Patokan 1 Kecamatan Kraksaan mempunyai cara tersendiri dalam memberikan pembelajaran demokrasi sejak dini kepada anak didiknya. Salah satunya dengan menggelar pemilihan Ketua OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) masa bhakti 2020-2021 seperti layaknya Pemilu (Pemilihan Umum). Hasil pesta demokrasi pemilihan Ketua OSIS terpilih inipun dilantik, Senin (20/1/2020) pagi oleh Kepala SDN Patokan 1 Budi Santoso.

Demi mendukung proses pembelajaran demokrasi tersebut, pihak sekolahpun meminjam logistik Pemilu kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo. Dimana dalam pelaksanaan pemungutan suara, siswa yang akan memilih Ketua OSIS menyalurkan hak pilihnya dalam bilik suara dan memasukkannya dalam kotak suara. Kemudian hasilnya dihitung secara terbuka.

“Kegiatan ini sebagai bentuk pembelajaran berdemokrasi dan memberikan hak pilih kepada calon Ketua OSIS yang sesuai dengan hati nurani dan pengetahuan sejak dini tentang tata cara pemilu bagi para siswa,” kata Kepala SDN Patokan 1 Budi Santoso.

Tahapan kegiatan ini diadakan hampir sama dengan Pemilu pada umumnya mulai dari pembentukan Majelis Perwakilan Kelas (MPK), Komisi Pemilihan OSIS (KPO) dan seleksi Bakal Calon Ketua OSIS, penyampaian misi visi, menyelenggaran pemungutan suara dan penghitungan suara pemilihan.

“Pemilihan Ketua OSIS secara demokrasi ini merupakan bentuk Latihan Kepemimpinan Dasar (LKD) yang setiap tahun dilakukan. Calonnya diambilkan dari kelas 4 dan 5. Setelah naik ke kelas 6 dan memasuki semester 2 baru diadakan kaderisasi dengan melakukan pemilihan Ketua OSIS yang baru,” jelasnya.

Selama ini terang Budi, kepengurusan OSIS menjalankan tugasnya dalam mencatat anak-anak yang terlambat, mempersiapkan pelaksanaan upacara di sekolah setiap hari Senin, membantu setiap kegiatan di sekolah, kegiatan non akademik dan ekstrakurikuler sekolah.

“Alhamdulillah, pengurus OSIS di SDN Patokan 1 sudah berjalan dengan baik. Biasanya OSIS itu hanya ada di tingkat SMP. Mungkin kalau di wilayah Kecamatan Kraksaan, SDN Patokan 1 satu-satunya yang memiliki kepengurusan OSIS,” terangnya.

Budi menerangkan, pemilihan Ketua OSIS ini dilakukan untuk memberikan pembelajaran proses Pemilu sejak dini dengan cara praktek langsung. Paling tidak anak-anak sedini mungkin bisa mengenal masalah demokrasi dan kepemimpinan sehingga nanti di SLTP anak-anak sudah mengalaminya dan tidak kaget lagi. Rata-rata yang mampu menjadi pemimpin itu prestasi akademiknya juga meningkat karena anak selalu belajar disiplin.

“Melalui pembelajaran demokrasi sejak ini ini harapannya mampu mendorong anak-anak supaya berkembang kemampuan dan kreatifitas siswa. Sehingga anak-anak mempunyai kreatifitas. Meskipun tidak 100 persen, para pengurus OSIS ini bisa membantu dalam mengatur semua kegiatan di sekolah,” pungkasnya. (wan)