Bidang Pembinaan SD

TUGAS DAN FUNGSI

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar (SD)

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar (SD) mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan pembinaan Sekolah Dasar.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar (SD) mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan bahan perumusan dan koordinasi pelaksanaan kebijakan kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karakter sekolah dasar;
  2. Pembinaan pelaksanaan kebijakan kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karakter sekolah dasar;
  3. Penyusunan bahan penetapan kurikulum muatan lokal sekolah dasar;
  4. Penyusunan Rekomendasi Izin Pendirian, Operasional, Surat Keterangan Terdaftar (SKT), Penutupan dan Penataan Sekolah Dasar; 
  5. Penyusunan bahan pembinaan kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana serta peserta didik dan pembangunan karakter sekolah dasar;
  6. Penyusunan bahan pembinaan bahasa dan sastra daerah yang penuturnya dalam daerah kabupaten/kota;
  7. Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi dibidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana serta peserta didik dan pembangunan karakter sekolah dasar;
  8. Pelaporan kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana serta peserta didik dan pembangunan karakter sekolah dasar;
  9. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.


Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SD

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SD mempunyai tugas melakukan penyusunan bahan perumusan, pembinaan pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, pelaporan kebijakan kurikulum, penetapan kurikulum muatan lokal dan penilaian Sekolah Dasar serta pembinaan bahasa sastra penutur dalam daerah.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SD mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan bahan perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan kurikulum dan penilaian sekolah dasar;
  2. Penyusunan bahan penetapan kurikulum muatan lokal dan kriteria penilaian sekolah dasar;
  3. Penyusunan bahan pembinaan pelaksanaan kurikulum dan penilaian sekolah dasar;
  4. Penyusunan bahan pembinaan bahasa dan sastra daerah yang penuturnya dalam daerah kabupaten/kota;
  5. Penyusunan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kurikulum dan penilaian sekolah dasar;
  6. Pelaporan kurikulum dan penilaian sekolah dasar;
  7. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.


Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana SD

Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana SD mempunyai tugas melakukan penyusunan bahan perumusan, koordinasi, pembinaan, penyusunan bahan rekomendasi penerbitan pendirian, operasional, Surat Keterangan Terdaftar (SKT) dan penutupan, penataan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan kebijakan kelembagaan dan sarana prasarana Sekolah Dasar.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana SD mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan bahan perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan kelembagaan, sarana dan prasarana sekolah dasar;
  2. Penyusunan bahan pembinaan kelembagaan, sarana dan prasarana sekolah dasar;
  3. Penyusunan bahan rekomendasi izin pendirian, operasional, Surat Keterangan Terdaftar (SKT), penutupan dan penataan sekolah dasar;
  4. Penyusunan bahan pemantauan dan evaluasi kelembagaan, sarana dan prasarana sekolah dasar;
  5. Pelaporan kelembagaan dan sarana prasarana sekolah dasar;
  6. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.


Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SD

Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SD mempunyai tugas melakukan penyusunan bahan perumusan, pembinaan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan kebijakan pembinaan minat, bakat, prestasi serta pembangunan karakter peserta didik Sekolah Dasar.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SD mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan bahan perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan dibidang pembinaan minat, bakat, prestasi dan pembangunan karakter peserta didik sekolah dasar;
  2. Penyusunan bahan pembinaan minat, bakat, prestasi dan pembangunan karakter peserta didik sekolah dasar;
  3. Penyusunan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pembinaan minat, bakat, prestasi dan pembangunan karakter peserta didik sekolah dasar;
  4. Pelaporan pembinaan minat, bakat, prestasi, dan pembangunan karakter peserta didik sekolah dasar;
  5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.