Delapan Sekolah Gugus Multigrade Laksanakan Workshop Literasi 1

SUKAPURA – Sebagai upaya menyebarluaskan program literasi bagi sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Sukapura, sedikitnya 8 (delapan) sekolah yang berasal dari Gugus Multigrade Kecamatan Sukapura melaksanakan kegiatan workshop literasi 1 di Kantor Koordinator Wilayah (Korwil) Pendidikan Kecamatan Sukapura, Rabu hingga Jum’at (4-6/9/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh semua guru kelas 1-2 dan 3-4 serta Kepala Sekolah dari Gugus Multigrade. Yakni, SDI Nurul Hikmah As-sholeh, SDN Sukapura III, SDN Sukapura IV, SDN Sapikerep III, SDN Wonokerto II, SDN Sariwani II, SDN Ngadisari I dan SDN Ngadisari II. Mereka dipandu oleh Fasda Multigrade. Dalam kesempatan tersebut, kepala sekolah dan guru belajar bersama untuk semakin menguatkan penerapan literasi di masing-masing sekolahnya.

Anwar Sutranggono, DF INOVASI Kabupaten Probolinggo mengatakan workshop ini dilatarbelakangi bahwa membaca adalah tahap penting yang harus dikuasai setiap siswa saat belajar bahasa (mendengar/menyimak, berbicara, membaca dan menulis).

“Membaca adalah modal dasar siswa dalam belajar dan pintu ilmu pengetahuan dan semakin lemah keterampilan membaca siswa, maka semakin tertinggal dalam mengikuti pembelajaran,” katanya.

Materi yang disampaikan adalah Modul Literasi 1 INOVASI yang meliputi Apa dan Mengapa Literasi, Big Book (Buku Besar), Kesadaran Fonologis, Membaca Kata, Kelancaran Membaca, Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis.

“Diharapkan setelah menerima materi tersebut peserta dapat menerapkan di lembaga masing-masing. Untuk memantapkan penerapan di kelas, fasilitator akan mendampingi guru-guru dengan harapan kemampuan guru dan siswa dalam literasi sesuai yang diharapkan,” harapnya.

Sesuai program yang akan diterima Gugus Multigrade selain materi literasi 1 juga akan menerima materi literasi 2 yang akan diberikan pada kegiatan KKG periode bulan September sampai Nopember 2019. (wan)