Delegasi Kabupaten Probolinggo meraih juara di Pekan Cipta Seni (Pekan Seni Pelajar) Jatim 2019

Berdasarkan penilaian Tim Juri Shahira Ramadhani dari SDS Muhammadiyah 2 Pendil Kecamatan Gending meraih juara 3 cabang seni lukis sedangkan Seni Qasidah JUARA Harapan 2 dari Sdn Lumbang 1 dan 2 (group sejumlah 15 orang)

Rangkaian kegiatan yang dikemas dalam bentuk kompetisi dibidang seni budaya dengan berakar dari lokal genius daerah masing-masing di Jawa Timur mampu menjunjung tinggi rasa kepedulian kita terhadap pelestarian seni budaya.

Peningkatan seni cipta pelajar diikuti oleh 38 kabupaten/kota di Jawa Timur dengan sasaran generasi muda yang dibagi menjadi tiga jenjang usia yaitu mulai 7-12 tahun, 13-15 tahun dan 16-18 tahun. Lomba bidang seni pawai budaya, musik tradisi, teater tradisi, tari, paduan suara, musi qasidah, cipta dan baca puisi, musikalisasi, puisi, seni rupa meliputi lukis, poster, desain tekstil dan seni patung.
Tema Peningkatan Cipta seni Pelajar Jawa Timur 2019 “Membentuk generasi melenial yang berbudaya untuk berprestasi” dengan moto “Generasi mulenial adalah generasi yang kreatif untuk berprestasi dengan menjunjung tinggi kebersamaan yang berazas budaya lokal”
Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan dan keterampilan generasi muda di bidang seni budaya. Tujuan lain juga untuk membekali generasi penerus bangsa agar berkemampuan tinggi, berkepribadian luhur serta berkarakter. Sekaligus menumbuhkan apresiasi para generasi muda terhadap seni budaya. Kegiatan PCS yang berlangsung mulai 24-29 April 2019 diikuti oleh sekitar 5.900-6.000 orang dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.