Dispendik Gelar Seleksi FLS2N Jenjang SMP

KRAKSAAN – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo menggelar seleksi Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMP tahun 2019 di Aula Bin Hasan SMP HATI Billingual Boarding School (BBS) Kraksaan, Rabu (21/8/2019).

Ruang lingkup FLS2N jenjang SMP tahun 2019 yang dibuka oleh Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina ini terdiri dari 5 (lima) jenis cabang lomba. Yakni, lomba poster, festival seni tari, festival musik tradisi, lomba gitar duet dan lomba menyanyi solo.

Nantinya juara 1, 2 dan 3 dari setiap jenis lomba akan diberi hadiah berupa piagam, piala dan uang pembinaan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Para juara 1 setiap cabang lomba akan diikutkan dalam seleksi FLS2N jenjang SMP Tingkat Provinsi Jawa Timur.

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina mengatakan FLS2N ini merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional. FLS2N ini digelar untuk menanamkan pendidikan karakter kepada para siswa dan siswi jenjang SMP melalui seni.

“Dengan seni akan membentuk watak yang unggul. Selain itu percaya diri dan berani mengekspresikan apa yang menjadi bakatnya. Sekaligus untuk mendidik disiplin dan kerja sama diantara sesama peserta didik,” katanya.

Menurut Dewi, FLS2N ini digelar dalam rangka untuk memberikan kegiatan yang positif kepada anak-anak agar tidak ada energinya yang terbuang untuk hal-hal yang tidak baik. “Sebagaimana tujuan utama dari FLS2N ini adalah memberikan pendidikan karakter,” tegasnya.

Dewi menerangkan demi memaksimalkan peserta seleksi FLS2N pada tahun-tahun mendatang, pihaknya akan berupaya agar pihak sekolah menyiapkan sejak awal. Paling tidak harapannya nanti bisa berlangsung lebih semarak lagi. “Melalui FLS2N ini diharapkan anak-anak dapat menyalurkan minat dan bakatnya di bidang seni secara terarah dan positif,” harapnya. (wan)