Dispendik Sosialisasikan Teknis Penulisan Ijazah SMP

KRAKSAAN – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasi teknis penulisan ijazah dan pengiriman blanko ijazah jenjang SMP tahun pelajaran 2018/2019. Sosialisasi ini diberikan kepada 214 orang Kepala SMP negeri dan swasta se-Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan ini merupakan rangkaian layanan pendidikan bagi siswa yang sudah melaksanakan pembelajaran 3 (tiga) tahun yang lalu. Mereka adalah siswa yang sudah mengikuti ujian UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) 100% baik Kurikulum 2013 maupun KTSP.

“Ijazah sudah tercetak dan selanjutnya dilakukan oleh lembaga sekolah masing-masing. Kemudian segera dibagikan kepada siswa,” kata Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina melalui Kepala Bidang Pembinaan SMP Priyo Siswoyo.

Sesuai dengan petunjuk teknis penulisan ijazah jelas Priyo, penulisan ijazah tahun ini tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Hanya saja pencetakan dan distribusi ijazah perlu penakanan. Dimana ijazah dicetak oleh Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

“Perbedaannya, blanko ijazah setiap kabupaten/kota akan didistribusikan berdasarkan jumlah siswa yang sudah mengikuti UNBK dan diberikan cadangan blanko sebanyak 5%,” jelasnya.

Priyo menerangkan sosialisasi penulisan ijazah ini diperlukan selain memberikan informasi terkait penulisan ijazah sekaligus penekanan ke sekolah mengenai distribusi blanko ijazah sesuai dengan petunjuk yang ada. Jangan sampai ada kekeliruan. Penulisan ijazah dilakukan berdasarkan pada ijazah SD.

“Apabila sekolah telah melakukan kesulitan dan terjadi kesalahan agar segera melaporkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo untuk meminta pengganti dan blanko yang salah dimusnahkan oleh kepala sekolah dengan membuat berita acara disaksikan pihak kepolisian. Demikian pula blanko yang tidak termanfaatkan dalam kurun waktu 6 bulan dan tidak ada permintaan, maka blanko dimusnahkan,” tegasnya.

Lebih lanjut Priyo menambahkan agar tidak ada siswa yang kesulitan mendaftarkan sekolah. Apabila ada yang tidak mendapatkan sekolah bisa menghubungi Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo melalui Bidang Pembinaan SMP dengan Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP Sudarsono di 085257551159.

“Sebelum penulisan di ijazah hendaknya terlebih dahulu membuat draft atau konsep untuk diteliti oleh korektor sebelum penulisan di ijazah sebenarnya. Dengan sosialisasi ini diharapkan penulisan ijazah tidak terjadi kesalahan. Penulisannya sesuai dengan ketentuan data siswa dan orang tuanya,” pungkasnya. (wan)