Kemah 1000 Tenda Ajang Seleksi Calon Peserta Jambore Daerah Jatim

BANYUANYAR – Serunya materi dan kegiatan-kegiatan yang diikuti oleh seluruh peserta “Perkemahan 1000 Tenda” yang diadakan oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo di Bumi Perkemahan Hutan Jatiraya P-25A Desa Tarokan Kecamatan Banyuanyar, Jum’at-Senin (26-29/7/2019).

Rupanya panitia sangat tahu betul bagaimana cara membuat para peserta Kemah 1000 Tenda ini merasa betah dan enjoy. Yakni dengan memberikan kegiatan-kegiatan yang atraktif dan menantang serta materi yang menarik dan kekinian. Dimana kegiatan dan materi dimaksud adalah untuk meningkatkan skill kepramukaan khususnya bagi para siswa-siswi anggota pramuka penggalang se-Kabupaten Probolinggo.

Materi dan kegiatan tersebut meliputi training basic scouting skill (memasak, bakti sosial, pioneering, kompas dan PBB), chalenge (menembak, tubing dan kreatif games), seni budaya (pentas seni, hadrah dan pencak silat) serta tambahan materi enterpreneurship (marketing, shopping dan kewirausahaan).

Tidak ada kompetisi pada masing-masing kegiatan tersebut, target utamanya adalah terjalinnya kebersamaan serta pemerataan materi teknik kepramukaan dan keterlibatan para siswa-siswi anggota pramuka yang mengikuti kegiatan Kemah 1000 Tenda ini.

“Tujuan utama kegiatan ini selain untuk memajukan gerakan pramuka di Kabupaten Probolinggo juga sebagai wadah untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi peserta didik agar lebih cinta persaudaraan, cinta daerah dan tanah air. Sekaligus sebagai ajang silaturahim serta sebagai tolak ukur tingkat keberhasilan peserta didik dari gugus depan masing-masing,” ungkap Kak Edi Junaidi, Humas Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo.

Kak Edi menambahkan bahwa kegiatan Kemah 1000 Tenda ini bisa dibilang juga sebagai ajang untuk menjaring para calon peserta dari Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo untuk persiapan dikirim pada kegiatan Jambore Daerah Kwarda Jawa Timur mendatang. Kemungkinan besar kuota yang diberikan kepada Kabupaten Probolinggo nantinya adalah 80 peserta, yang terdiri dari 2 regu putra dan putri minimal dari kalangan Penggalang Ramu, yang bisa dari SD maupun SMP atau pramuka golongan penggalang.

“Melalui kegiatan ini kami juga akan membidik kira-kira siapa saja yang bisa untuk kita pilih dan seleksi untuk mewakili Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo dalam Jambore Daerah. Kriteria dasar yang harus dimiliki adalah tentunya harus memiliki komitmen kuat dalam kepramukaan, ilmu pengetahuan yang memadai, skill serta kedisliplinan,” pungkasnya. (dra)