Kenaikan Pangkat Cambuk Semangat Tingkatkan Kinerja dan Profesionalisme

KRAKSAAN – Rasa bangga dan haru seakan terpancar dari ke 525 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo yang pada Kamis (19/09/2019) pagi di auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo menerima Surat Keputusan (SK) dan penghargaan kenaikan pangkat periode 1 Oktober 2019

Agenda yang baru kali pertama dilaksanakan ini adalah salah satu inovasi Pemkab Probolinggo dalam memberikan pelayanan kenaikan pangkat kepada PNS secara tepat orang, tepat waktu dan tepat administrasi. Disamping menyamakan persepsi terhadap regulasi di bidang kepegawaian, khususnya mengenai kepangkatan.

Dari ratusan penerima itu, tiga diantaranya terpilih sebagai PNS berprestasi dalam hal kemajuan, antara lain Lisa Zulfianti, guru SMPN 2 Tegalsiwalan menerima kenaikan pangkat IVa dengan masa kerja 16 tahun 4 bulan. Kemudian Titik Sri Poncowati, staf TU SMPN 2 Sukapura yang menerima kenaikan pangkat golongan IId dengan masa kerja 32 tahun 3 bulan. Selanjutnya Nurdianto, perawat gigi di Puskesmas Krucil menerima kenaikan pangkat IIIc dengan masa kerja 19 tahun 7 bulan.

Sebagai bentuk penghargaan atas hal tersebut Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari SE berkesempatan untuk secara langsung menyerahkan SK serta melakukan pemotongan tumpeng untuk diserahkan kepada salah satu perwakilan tiga PNS berprestasi tersebut.

Terpilih sebagai salah satu PNS berprestasi Lisa Zulfianti (42) mengaku bangga dan terharu, karena sejak dirinya menjadi seorang sebagai abdi negara, baru kali ini berkesempatan mendapatkan penghargaan secara khusus dari Pemerintah Daerah.

Menurut Alumni Pascasarjana Universitas Kanjuruhan Malang ini, didapatnya penghargaan ini karena prestasi masa kerja dan karya tulis berupa buku artikel yang sampai saat ini dirinya sudah menelorkan 9 judul buku. Dua masterpiece diantaranya terbilang cukup laris di pasaran yang berjudul Rampai Saya dan Guru Sadar Hukum.

“Terima kasih atas penghargaan ini, semoga menjadi penambah motivasi diri untuk bekerja dan mengabdi lebih giat lagi. Insya Allah kami akan terus berkarya dan akan selalu melaksanakan pekerjaan yang terbaik yang kami mampu setiap hari,” ungkap finalis inobel tahun 2015 ini.

Sementara Bupati Tantri menyampaikan kepada seluruh ASN bahwa Kenaikan pangkat agar menjadi sebuah cambuk semangat untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme seorang Abdi Negara. Pada dasarnya Kenaikan pangkat merupakan hak setiap PNS namun sebelumnya ada point-point yang harus dipenuhi yaitu profesionalisme dan target capaian kinerja.

“Oleh sebab itu kenaikan pangkat tidak hanya kegiatan rutin empat tahunan saja, lebih tepatnya adalah sebuah penghargaan dari negara. Harapan saya kepada seluruh PNS mari kita tingkatkan profesionalisme dan amanah kita dalam mengabdi dan melayani warga masyarakat Kabupaten Probolinggo,” tegas Bupati Probolinggo.

Suasana kegembiraan bercampur haru bangga itu akhirnya ditutup Bupati Tantri dengan spontanitas melakukan swafoto bersama segenap undangan dan PNS penerima SK dan penghargaan kenaikan pangkat tersebut. (dra)