KedinasanPendidikan

Pelajar Usia 12 Hingga 18 Tahun di Kecamatan Leces Ikuti Vaksinasi Gratis

LECES – Untuk meningkatkan kekebalan komunal atau herd immunity dalam menghadapi pandemi Covid-19 dalam rangka percepatan program vaksinasi, Puskesmas Jorongan menggelar vaksinasi gratis bagi pelajar usia 12 hingga 18 tahun, Kamis (15/7/2021) di Puskesmas Jorongan Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo.

Hari pertama proses pelaksanaan vaksinasi ini adalah kekebalan komunal atau herd immunity agar supaya nantinya dapat mengantisipasi adanya penularan virus Covid-19. Pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Jorongan diikuti para siswa dari 4 (empat) desa di Kecamatan Leces dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Kepala Puskesmas Jorongan dr. Lila Puspita Sari mengaku sangat mendukung penuh program pemerintah untuk pelaksanaan vaksinasi sebagaimana Instruksi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) bahwa vaksinasi juga dilakukan untuk para pelajar usia 12 tahun sampai 18 tahun agar supaya terlindungi dari penularan Covid-19 sebelum mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas.

“Vaksin Sinovac tahap pertama sasarannya bagi para pelajar yang berada di 4 (empat) desa di Kecamatan Leces meliputi Desa Jorongan, Kerpangan, Clarak dan Warujinggo. Hal yang paling penting dan kunci utama bagi para pelajar setelah mengikuti vaksinasi tahap pertama maupun tahap kedua adalah tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan benar agar selalu sehat dan terhindar dari Covid-19,” ungkapnya.

Selain itu, Puskesmas Jorongan juga melanjutkan kegiatan vaksinasi untuk orang dewasa, baik pelayanan vaksinasi secara mobile di desa-desa maupun pelayanan vaksinasi di lokasi Puskesmas Jorongan itu sendiri. Pelaksanaan selanjutnya tanggal 22 Juli 2021 untuk vaksin AstraZeneca dosis ke-1 di Desa Kerpangan, tanggal 24 Juli 2021 vaksin Sinovac dosis ke-2 dilaksanakan di Puskesmas Jorongan, tanggal 26 Juli 2021 vaksin AstraZeneca dosis ke-1 di Desa Clarak dan vaksin AstraZeneca dosis ke-1 tanggal 27 Juli 2021 dilaksanakan di Desa Warujinggo.

Moh Iqbal Iswanto, salah satu siswa SMA Taruna Leces yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Probolinggo yang telah mendukung program vaksinasi untuk para pelajar untuk kekebalan komunal atau herd immunity. Dengan vaksinasi ini nantinya dapat mengantisipasi adanya penularan virus Covid-19 khususnya di sekolah.

“Awalnya saya takut untuk divaksinasi yang disebabkan isu-isu yang tidak baik. Kenyataannya, saat proses vaksinasi itu tidak terasa sakit dan biasa-biasa saja. Tidak seperti isu-isu yang tidak baik hingga menghantui perasaan saya. Saya menghimbau kepada para pelajar untuk mengikuti vaksinasi demi menjaga kesehatan dan menghindari penularan virus Covid-19 dan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan baik dan benar,” katanya.

Back to top button