Pemkab Lakukan Supervisi Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) melakukan supervisi pendidik dan tenaga kependidikan PAUD di aula KB As-Salam Desa Besuk Agung Kecamatan Besuk, Senin (2/9/2019).

Kegiatan ini dipimpin oleh Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD PNF Dispendik Kabupaten Probolinggo Fitri Nur Shanti didampingi Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo dan Ketua Himpaudi Kecamatan Besuk.

Supervisi ini diikuti oleh 31 orang kepala sekolah lembaga KB, TP, SPS/PAUD. Kegiatan ini juga merupakan upaya pembinaan dan dialog dalam rangka evaluasi awal penerimaan Bosda Pendidikam Anak Usia Dini (PAUD) tahap awal, dilanjutkan verifikasi validasi persiapan pencairan tahap berikutnya.

Dalam pembinaannya, Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD PNF Dispendik Kabupaten Probolinggo Fitri Nur Shanti menyampaikan agar tertib administrasi dan kebenaran dalam pengisian instrumen-instrumen pendukung dalam proses pengajuan hibah Bosda PAUD dan kesesuaian proses pencairan dana masuk rekening Bank Jatim dengan penarikan tunai baik dari segi jumlah dana, tanggal penarikan dan penulisannya di SPj Bosda PAUD.

“Pastikan lembaga benar-benar aktif baik dari segi izin, rekening bank aktif atas nama lembaga, aktif Dapodik, aktif proses pembelajaran dan lain-lain,” ungkapnya.

Fitri meminta agar memastikan para penerima honor Bosda PAUD tidak dobel penerimaan dengan sumber-sumber dana yang sama dalam peruntukannya seperti guru PAUD yang sudah menerima Bosda PAUD sebesar Rp 100.000 per bulan, maka tidak boleh juga mengusulkan atau menerima honor tunjangan kinerja yang besarnya Rp 200.000 dari Provinsi Jawa Timur.

“Dari segi administrasi secara umum lembaga PAUD Kecamatan Besuk dichek dan divalidasi sudah benar, namun masih ada catatan-catatan kecil untuk direvisi dan langsung diselesaikan di tempat,” tegasnya.

Sementara Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo menyampaikan hal-hal penting tentang PAUD. Pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih telah disupervisi Bosda PAUD oleh Dispendik Kabupaten Probolinggo. Tentunya hal ini sebagai bekal ilmu dan pengalaman perbaikan kekurangan.

“Teruslah update Dapodik PAUD di semua lembaga chek and richek, karena Dapodik sebagai acuan pusat dan daerah dalam pengambilan kebijakan. Pemetaan mutu sudah rampung teruslah mengisi Sispena, sebagai pintu masuk menuju akreditasi lembaga,” ujarnya.

Massajo menjelaskan tantangan dan peluang kedepan mewujudkan PAUD berkualitas serta tertib administrasi di lembaga, termasuk tertib laporan bulanan. Harapannya dengan pembinaan ini dapat menjadi evaluasi dan perbaikan hal-hal yang masih terdapat kesalahan walaupun kecil.

“Momentum ini tentu menjadi support untuk lebih semangat dalam pengelolaan PAUD dan peningkatan kompetensi baik manajerial maupun edukasi. Terima kasih kepada pengurus Himpaudi dan kepala sekolah KB As-Salam yang telah bersedia dan memfasilitasi kegiatan supervisi/ pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan PAUD di Kecamatan Besuk,” pungkasnya. (wan)