Peraih Juara OSN SMP Terima Penghargaan

KRAKSAAN – Para juara seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SMP negeri dan swasta Tingkat Kabupaten Probolinggo tahun 2019 yang digelar Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo, Senin (1/4/2019) pagi menerima penghargaan di halaman Dispendik Kabupaten Probolinggo.

Penghargaan ini diserahkan oleh Sekretaris Dispendik Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi di sela-sela apel pagi bersama karyawan/karyawati di lingkungan Dispendik Kabupaten Probolinggo. Para juara 1, 2, 3, harapan 1 dan harapan 3 masing-masing mendapatkan tropy, piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Selain para juara OSN, penyerahan penghargaan ini dihadiri oleh para pembina pendamping bidang study (Matematika, IPA dan IPS), kepala sekolah para peraih juara OSN jenjang SMP serta keluarga besar Dispendik Kabupaten Probolinggo.

Dalam sambutannya Sekretaris Dispendik Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi menyampaikan ucapan selamat dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para juara atau pemenang OSN jenjang SMP tingkat Kabupaten Probolinggo.

“Kejuaraan ini dilaksanakan oleh Dispendik Kabupaten Probolinggo untuk mengukur prestasi akademik para peserta melalui seleksi OSN jenjang SMP tingkat Kabupaten Probolinggo. Untuk juara 1, 2 dan 3 masing-masing mapel nantinya akan mewakili Kabupaten Probolinggo dalam seleksi OSN tingkat Provinsi Jawa Timur yang akan dilaksanakan pada 13 April 2019 di Surabaya,” katanya.

Sebagai persiapan seleksi OSN Tingkat Provinsi Jawa Timur, Rozi meminta kepada seluruh peserta untuk lebih giat lagi belajarnya dan mempersiapkan diri dengan lebih optimal lagi. “Kepada para pembina dan kepala sekolah kami himbau agar belajar anak didiknya ditingkatkan. Jika sangat diperlukan bisa mengundang guru yang memang berkompeten di bidangnya sehingga harapan dalam rangka meningkatkan pelajaran di bidang pendidikan akan terlaksana,” jelasnya.

Rozi juga menyinggung tentang mekanisme pengoreksian soal oleh korektor ini 100% jujur dan tidak ada intervensi dari pihak manapun karena tim korektor terdiri dari unsur Pengawas SMP serta guru pilihan yang berkompeten di dalam study Matematika, IPA dan IPS.

“Dengan tata cara kerja hasil lembar jawaban siswa dikoreksi oleh korektor 1. Setelah korektor 1 dikoreksi oleh korektor 2 berkoordinasi dengan Pengawas SMP sebagai koordinator masing-masing bidang study,” tegasnya.

Lebih lanjut Rozi berpesan kepada para pemenang atau juara OSN jenjang SMP tersebut agar tidak jumawa dan berpuas diri karena sudah juara. Tetapi prestasi tersebut harus disyukuri dengan tetap semangat belajar. “Saya berharap yang terbaik di Kabupaten Probolinggo bisa menjadi terbaik pula di tingkat Provinsi Jawa Timur,” harapnya.

Sementara Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMP Dispendik Kabupaten Probolinggo Sunalis menyampaikan OSN ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang Sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religius, integritas, nasionalisme, mandiri dan gotong royong, mengembangkan minat dan bakat peserta didik dalam bidang Sains serta menumbuhkembangkan kemampuan peserta didik untuk berfikir kritis, inovatif dan produktif sebagai bekal dalam kehidupan.

“Selain itu, meningkatkan prestasi bidang Sains, menanamkan sifat kompetitif, kerjasama dan sportif yang sehat sejak dini serta menanamkan kesadaran dan keberanian peserta didik untuk mencoba menerapkan secara langsung dan dapat berprestasi secara optimal dengan memberikan penghargaan-penghargaan kepada peserta didik yang berprestasi dalam bidang Sains,” ungkapnya.

Para juara OSN jenjang SMP ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo Nomor : 420/174/426.101/2019 Tentang Penetapan Pemenang Lomba OSN SMP Tingkat Kabupaten Probolinggo Tahun 2019.

Untuk mata pelajaran (mapel) Matematika, juara 1 diraih M. Irsyad Nur Azizi dari SMP Nurul Jadid Paiton, juara 2 diraih Salma Firdausi Nuzula dari SMP Al-Irsyad, juara 3 diraih Halimatus Sa’diyah dari SMP A-Arifin, juara harapan 1 diraih Ramatullah Akmal Mu’afa Ahmada dari SMP HATI Billingual Boarding School dan juara harapan 2 diraih Diana Kristyana dari SMP Negeri 1 Pajarakan.

Selanjutnya untuk mapel IPA, juara 1 diraih Wahyu Bima Eka Kusuma dari SMP HATI Billingual Boarding School, juara 2 diraih Ahmad Jausyan dari SMP Negeri 1 Dringu, juara 3 diraih Gita Nur Wahyuni dari SMP Negeri 1 Tegalsiwalan, juara harapan 1 diraih Maulana Aziz Alfahrezi dari SMP Negeri 1 Kraksaan dan juara harapan 2 diraih Dewangga Setya Putra dari SMP Negeri 1 Wonomerto.

Kemudian untuk mapel IPS, juara 1 diraih Imelyana Agustin dari SMP Negeri 1 Kotaanyar, juara 2 diraih Putri Aisyah Nur Aini dari SMP Taruna Dra Zulaeha, juara 3 diraih Muhammad Lubabul Labib dari SMP Badridduja Full Day School, juara harapan 1 diraih Andini Shelviana Putri dari SMP Negeri 1 Kraksaan dan juara harapan 2 diraih Moh. Ferdi Kurniawan dari SMP Negeri 1 Paiton. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven + 9 =