Pendidikan

Ratusan Siswa SDN Patokan 1 Ramaikan Perkemahan Selasa Rabu

KRAKSAAN – Sebanyak 190 orang siswa dan siswi kelas 4, 5 dan 6 SDN Patokan 1 Kecamatan Kraksaan meramaikan kegiatan Perkemahan Selasa Rabu (Persera), Selasa dan Rabu (17-18/12/2019). Persera yang dilakukan rutin setiap tahun ini dilakukan untuk mengisi kegiatan semester ganjil di SDN Patokan 1 Kecamatan Kraksaan.

Persera SDN Patokan 1 ini diisi dengan kegiatan lomba pentas seni, lomba fun game (roda gila, memindahkan boom, rawa beracun, perahu goyang, jembatan manusia dan pancing botol), lomba tapak tenda dan lomba PBB. Serta juga dinilai regu dan peserta tergiat, regu terkompak dan pinru terbaik.

Kepala SDN Patokan 1 Budi Santoso mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk melaksanakan program kerja gerakan pramuka gugus depan tahun 2019-2020, wadah kegiatan untuk menerapkan hasil latihan di gudep serta ajang menjalin tali silaturahim. “Selain itu untuk melatih kemandirian, kerja sama, ketrampilan dan tanggung jawab serta membentuk karakter peserta didik dengan kegiatan yang menarik,” katanya.

Menurut Budi Santoso, ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kurikulum standar sebagai perluasan dari kegiatan kurikulum dan dilakukan di bawah bimbingan sekolah dengan tujuan untuk mengembangkan kepribadian, bakat, minat dan kemampuan peserta didik yang lebih luas atau di luar minat yang dikembangkan oleh kurikulum.

“Gerakan pramuka sangat erat kaitannya dengan upaya membantu pembentukan karakter generasi muda. Peran serta semua pihak baik pembina satuan, pembina gudep, dewan guru dan masyarakat sangatlah dibutuhkan untuk pencapaian upaya tersebut,” jelasnya.

Budi Santoso menerangkan kegiatan Persera ini merupakan wujud implementasi dari hasil latihan ekstrakurikuler pramuka yang sudah dilakukan SDN Patokan 1 setiap Jum’at sore. Fokus kegiatan ini adalah melatih kedisiplinan, belajar mencintai alam, peduli pada sesama, meningkatkan ketaqwaan serta ada unsur gotong royong dan kerja sama.

“Dengan kegiatan ini peserta didik bisa menerapkan apa yang sudah didapatkan di sekolah pada lingkungan rumahnya masing-masing. Harapannya, kegiatan ini bisa terus ditularkan ke adik-adik kelasnya. Sehingga menjadi dasar dalam kegiatan ekstrakurikuler. Dengan demikian akan terlatih sikap kedisiplinan, ketaqwaan, peduli terhadap sesama dan lain sebagainya,” pungkasnya.

Sementara Koordinator Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan Kecamatan Kraksaan yang juga Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kraksaan Ari Waseto memberikan memberikan ucapan selamat dan sukses atas inisiatif dan kreatif dari Kepala SDN Patokan 1 Kecamatan Kraksaan beserta komite sekolah dan dewan guru yang sukses melaksanakan perkemahan Selasa Rabu.

“Melalui kegiatan tersebut kami berharap anakmu bukan milikmu, anakmu milik masa depan, kemandirian anak adalah kemandirian bangsa serta menanamkan pendidikan karakter untuk masa depan bangsa,” harapnya. (wan)

Back to top button