Santri SMP Zainul Hasan 1 Studi Lingkungan Punguti Sampah di Pantai Duta

Genggong, Setelah pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS), SMP Zainul Hasan 1 Genggong mengadakan kegiatan studi lingkungan selama dua hari yaitu Rabu-Kamis 2-3 Oktober 2019. Pelaksanaan studi lingkungan diikuti oleh seluruh santri putra SMP ZAHA 1 yang berjumlah sekitar 300 orang.

Kegiatan studi lingkungan diawali dengan mengerjakan Lembar Kerja (LK) yang sudah disediakan panitia. Langkah kegiatan dalam LK tersebut diantaranya mengamati benda hidup ( biotik) dan benda tak hidup (abiotik) di lingkungan tersebut, kemudian menjelaskan setiap interaksi yang dilakukan oleh kedua objek tersebut. Pengerjaan LK diselesaikan dalam setiap kelompok yang terdiri dari tiga orang kemudian dikumpulkan untuk memenuhi penilaian pada salah satu materi pada mata pelajaran IPA.

Selain belajar, para santri juga diajak refreshing dengan mengiktui outbound. Dalam kegiatan ini, santri putra dibimbing oleh Garda Ikhwan (GI) Outbound. Banyak permainan mendidik yang dilakukan. Di antaranya, lepas karet, hit t-shirts, dinamit, simpul persahabatan, romantis ball, raih bendera, tornado, cari teman, dan kaki seribu.
Usai bermain, ratusan santri putra tak lupa melakukan baksi sosial dengan memungut sampah di sekitar Pantai Duta. Baik sampah plastik maupun sampah alami. Berkat ratusan santri, dalam sekejap Pantai Duta kelihatan lebih bersih.

Ustad Ali jabli selaku ketua panitia mengungkapkan rasa terimakasih kepada seluruh panitia dan dewan asatidz atas kesuksesan acara studi lingkungan yang sudah terlaksana selama tiga hari ini. “Alhamdulillah, kegiatan Studi Lingkungan telah terlaksana dengan SUKSES. Kami selaku penanggung jawab menyampaikan Jazaakumullah Ahsanal Jazaa’ khususnya kepada Kepala Sekolah Gus dr. Mohammad Haris, M.Kes atas arahan dan motivasinya, juga kepada segenap panitia, wali kelas, dan Asatidz-Asatidzah atas dukungan dan kerjasamany” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Kepala SMP Zaha 1 Genggong, Gus dr.Muhammad Harris, M.Kes. Ia mengaku bertema kasih kepada panitia, ustadz-ustadzah, dan semua yg berpartisipasi dalam acara tersebut. Termasuk, Pemilik Kafe Ranu Segaran, Tiris, Budi, yang telah bersedia ditempati Sholawat Muhammad sebagai rangkaian pembukaan studi lingkungan.

Menurutnya, studi lingungan kali ini sangat mengesankan bagi santri. Karena, acara seperti ini merupakan acara perdana di SMP Zaha 1 Genghong. Namun, ia juga meminta kegiatan ini segera dievaluasi sebagai pertimbangan dan untuk mempersiapkan kegiatan yang lebih baik di kemudian hari. “Apa yang menjadi kekurangannya, kita benahi bersama,” ujarnya.

Penulis: Vidya Firdaus SMP ZAHA 1 Genggong