Semapore Dance Semarakkan Hari Guru Nasional

KRAKSAAN – Dalam rangka menyemarakkan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2019 dan mengisi kegiatan akhir semester, Gugus 05 Koordinator Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan Kecamatan Kraksaan mengadakan semaphore dance di Sumberlele Park (SL Park) Kraksaan, Sabtu (14/12/2019) pagi.

Gugus 05 Kecamatan Kraksaan meliputi 8 (delapan) pendidikan meliputi SDN Kebonagung 1, SDN Kebonagung 2, SDN Asembakor 1, SDN Asembakor 2, SDN Tamansari, SDI Siti Khotidjah, SD Bintang Harapan dan SD IT Permata Kraksaan. Masing-masing lembaga beranggotakan 10 orang mulai dari kelas 1 hingga 6.

Dalam Semapore Dance ini, masing-masing lembaga menampilkan aksi terbaiknya dihadapan dewan juri yang dipimpin oleh Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kraksaan Ari Waseto.

Para peserta dinilai berdasarkan kategori kekompakan, formasi barisan, gerakan, kelengkapan anggota, keserasian, ketepatan gerakan dan keindahan penampilan. Masing-masing kategori akan diambil peserta terbaik yang akan mendapatkan tropy.

Ketua Gugus 05 Kecamatan Kraksaan Sudarso mengungkapkan selain untuk menyemarakkan Hari Guru Nasional tahun 2019, kegiatan ini dimaksudkan untuk mengisi kegiatan akhir semester. Sehingga para peserta didik memiliki kegiatan yang bermanfaat.

“Semapore dance ini bertujuan untuk menumbuhkan kreatifitas siswa SD sehingga nantinya timbul inovasi pembelajaran yang berkarakter. Disamping juga mempererat silaturahim antar lembaga yang ada di Gugus 05 Kecamatan Kraksaan,” ungkapnya didampingi Koordinator Kegiatan Misnaji.

Menurut Sudarso, gerakan semaphore dance ini diciptakan oleh masing-masing lembaga yang membutuhkan waktu sekitar 2 (dua) bulan untuk melakukan latihan. Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah pengembangan di masing-masing sekolah. “Melalui kegiatan ini kami berharap nantinya anak-anak didik bisa tumbuh inovatif dan kreatif sehingga setiap kegiatan selalu mengedepankan karakter,” harapnya.

Sementara Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kraksaan Ari Waseto menyambut baik atas inisiatif dan inovatif guru-guru yang diwadahi melalui Gugus 05 Kecamatan Kraksaan. “Harapannya senantiasa dapat membangun karakter siswa melalui kegiatan pramuka, menciptakan ide kreatif pembelajaran yang menyenangkan melalui kegiatan kepramukaan serta dapatnya mengamalkan Dasa Dharma Pramuka,” harapnya.

Setelah diadakan penilaian oleh dewan juri, maka kategori Kekompakan diraih SDN Kebonagung 2, Formasi Barisan diraih SDN Tamansari, Gerakan diraih SDN Kebonagung 1, Kelengkapan Anggota diraih SDN Asembakor 2, Keserasian diraih SDI Siti Khotidjah, Ketepatan Gerakan diraih SDN Asembakor 1 dan Keindahan Penampilan diraih SDI Bintang Harapan. (wan)