Siswa TK ABA Ketangi Panen Bawang Merah

 

Lumbang – Siswa TK ABA Ketangi – Lumbang panen bawang merah di lahan yang ada di belakang sekolah. Kegiatan ini merupakan puncak tema “Kebutuhan” 2/10/2019.

Kegiatan diikuti oleh seluruh siswa kelompok A dan B yang masuk pada hari ini. Jumlahnya 53 anak. Didampingi oleh 4 orang guru. Di lahan belakang sekolah, kegiatan dipandu oleh Pak Abdul Wahid, petani penggarap lahan.

Demikian, keseluruhan siswa berada di lokasi, Bu Emy meminta Pak Wahid memberi penjelasan tentang bawang merah kepada seluruh yang hadir di lokasi.

Dicabutnya satu pohon bawang merah. Ditunjukkan pada anak-anak. Kata Pak Wahid yang asalnya dari Situbondo,” Anak-anak, lihat ini. Ini adalah umbi bawang merah yang sudah siap dipanen.”

“Bawang merah dibutuhkan untuk mempersedap masakan,” lanjutnya, “Menjadi petani itu akan dibutuhkan banyak orang dari produk-produk pertaniannya.”

Setelah penjelasan Pak Wahid selesai, secara bergilir, anak-anak dipersilahkan untuk mencabut masing-masing satu pohon bawang merah. Hasilnya, bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh.

“Hore…! Aku dapat dua dan besar,” Teriak Afi, anak TK B1 putra dari pasangan Pak Ari dan Nur Ayu, S.Pd. Guru SD Negororejo 1 Lumbang.

“Siswa TK ABA Ketangi selalu belajar di lahan pertanian yang berada di belakang sekolah saat musim tanam dan panen,” Kata Bu Emy, guru TK A1. Lanjutnya, “Ini bagian dari pembelajaran sebagaimana motto sekolah the real and contextual learning”

“Sebagai daerah produsen bawang merah, anak-anak harus tahu apa itu bawang merah,” Kata Kepala TK ABA Ketangi, Rumanisih, S.Pd.

Penulis: Kung Ridho (Ahmad Ridho Pambudi)