Upacara Hari Kesaktian Pancasila di SMPN 2 Banyuanyar

Banyuanyar – Upacara Hari Kesaktian Pancasila di SMPN 2 Banyuanyar ada yang berbeda. Petugas yang biasanya para siswa, kali ini adalah para guru dan staf TU. 1/10/2019

Pengatur Upacara, Mustofa, SPd. Pemimpin Upacara, Hariyanto Widodo, SPd. Pengibar Bendera, AM Rudi H, SPd, Siti Subandriyah, S.Pd. dan Yuni Purtikawati, SPd. Sedang Pembaca Teks UUD 45 dibawakan oleh Paringono selamet, SPd., pembaca Ikrar, Ahmad Ridho Pambudi. Pembaca Doa, Djamaluddin, SAg. Dirijen dan ajudan adalah Ibu Siti Setyaningsih dan Sukardian. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Sekolah SMPN 2 Banyuanyar, Hj. Sumarmi, SPd. MM.

Inspektur Upacara, Hj. Sumarmi, SPd. MM, menjelaskan, Peringatan Hari Kesaktian ini dilaksanakan agar kt sebagai warga negara Indonesia menyadari akan arti penting Pancasila. Bila 5 sila yang ada di Pancasila diamalkan dalam kehidupan keseharian di rumah, di sekolah, juga di masyarakat, negara kita akan menjadi negara yang benar-benar negara yang adil, makmur, damai, dan sentausa.

Pembaca ikrar, Ahmad Ridho Pambudi usai upacara mengatakan, “Upacara dengan petugas dari guru dan TU ini perlu agar kita tidak hanya bisa perintah, koreksi, ataupun memarahi siswa yang salah. Namun mengalami benar bagaimana menjadi petugas upacara itu.”

Urutan Upacara selengkapnya adalah sebagai berikut: Penghormatan umum kepada Inspektur Upacara, dipimpin oleh Komandan Upacara, Laporan Komandan Upacara, upacara siap, Mengheningkan cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara, Pembacaan Teks Pancasila. Setelah itu dilanjutkan dengan Pembacaan Naskah Pembukaan Undang-undang Dasar 1945, Pembacaan Naskah Ikrar, Pembacaan Naskah Doa, Laporan Komandan Upacara, upacara selesai, Penghormatan umum kepada Inspektur Upacara.

Sementara itu, ketika ditanya tanggapannya seusai upacara, siswa kelas IX, Dhimas Leo mengatakan, “Asyik, Pak. Apalagi tiap bulan.”

Penulis: Kung Ridho (H.A. Ridho Pambudi)