KedinasanPendidikan

2.541 Guru TK Dan PAUD Terima Honor BOSDA

KRAKSAAN – Sebanyak 2.541 orang guru TK dan PAUD di Kabupaten Probolinggo menerima honor dari dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) Triwulan I (Januari, Februari dan Maret) 2021 dengan total alokasi anggaran mencapai Rp 1.209.075.000, Jum’at hingga Senin (7-10/5/2021).

Rinciannya, Rp 632.625.000 untuk 1.687 orang guru PAUD yang masing-masing menerima sebesar Rp 125.000 dan Rp 576.450.000 untuk 854 orang guru TK yang masing-masing menerima sebesar Rp 225.000.

Pencairan dana BOSDA ini dilakukan melalui rekening lembaga penerima hibah di Bank Jatim Cabang Kraksaan serta Capem Tongas, Leces, Dringu dan Maron. Bahkan pencairan juga dilayani di Kantor Koordinator Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan di masing-masing kecamatan. Semua ini dilakukan agar pencairan bisa cepat selesai dan mencegah terjadinya kerumunan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi mengatakan dasar hukum pemberian dana hibah BOSDA PAUD dan TK Tahun 2021 ini mengacu kepada Peraturan Bupati (Perbup) Probolinggo Nomor 8 Tahun 2021 Tentang Tata Cara Pemberian Hibah Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Swasta, Taman Kanak-Kanak (TK) Swasta, Sekolah Dasar (SD) Swasta dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Swasta di Kabupaten Probolinggo.

Serta Keputusan Bupati Probolinggo Nomor : 421.2/245/426.32/2021 Tentang Penetapan Penerima Hibah Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) Kepada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Swasta, Taman Kanak-kanak (TK) Swasta, Sekolah Dasar (SD) Swasta dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Swasta di Kabupaten Probolinggo Tahun Anggaran 2021.

“Pemberian dana hibah BOSDA bagi guru TK dan PAUD di Kabupaten Probolinggo ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan pendidikan di satuan pendidikan,” katanya.

Menurut Rozi, realisasi BOSDA TK dan PAUD merupakan bentuk perhatian dan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dalam hal ini Bupati Probolinggo terhadap layanan PAUD serta memastikan semua guru PAUD penerima honor melalui hibah BOSDA, bersyukur, terus semangat dan optimis membantu memajukan pendidikan di Kabupaten Probolinggo, khususnya mutu dan layanan PAUD berkualitas.

“Harapannya pencairan dana hibah BOSDA ini dapat memenuhi kewajiban pelaporan dan pertanggungjawaban secara administratif serta terus mengikuti info perkembangan tentang pembelajaran di saat pandemi Covid-19,” harapnya.

Sementara Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dispendik Kabupaten Probolinggo Yunita Nur Laili menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pimpinan Bank Jatim dan crew yang telah bekerja sama, koordinasi dan mempermudah pelayanan penyaluran BOSDA TK dan PAUD hingga di Bank Capem bahkan hingga turun ke kecamatan daerah sulit, mengingat guru TK dan PAUD yang dilayani cukup banyak.

“Semoga pencairan dana BOSDA bagi guru TK dan PAUD ini berjalan dengan lancar, manfaat dan bisa sedikit tersenyum bahagia para Bunda PAUD. Walaupun jumlahnya tidaklah besar, tapi bila disyukuri tentu berkah,” harapnya. (wan)

Back to top button