KedinasanPendidikan

200 Guru PAI SMP Negeri/Swasta ikuti Pembinaan Tajwid dan Tartil Al Qur’an

Dalam rangka Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik SMP, Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo menyelenggarakan Kegiatan Pembinaan Tajwid dan Tartil Al Qur’an yang dilaksanakan pada hari Senin s/d Kamis, tanggal 09 s/d 12 Nopember 2020 bertempat di Aula SDN 1 Semampir Kota Kraksaan.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP Dispendik Kabupaten Probolinggo Fahrurrozi, SE., MM diikuti oleh 200 Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP Negeri/Swasta Se-Kabupaten Probolinggo yang terbagi dalam 4 (empat) gelombang.

Selama kegiatan para peserta mendapatkan materi dari narasumber yang berasal dari PC Jam’iyyatul Qurro’ Wal Huffadz Kota Kraksaan, Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo dan Pengawas SMP Dispendik Kabupaten Probolinggo.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman ilmu tajwid dan metode pembelajaran Tartil Al Qur’an serta praktek membaca Al Qur’an dengan baik dan benar, sehingga para guru PAI SMP nantinya dapat mengajarkannya kepada peserta didik dengan mudah dan cepat.” Kata Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMP H. Nurul Yaqin, S.Kom. M.Si

Sementara Kepala Bidang Pembinaan SMP Dispendik Kabupaten Probolinggo Fahrurrozi, SE., MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya peningkatan dan penguatan pendidikan karakter peserta didik SMP untuk bisa membaca Al Qur’an secara tartil dengan baik dan benar. Disamping itu agar seluruh warga sekolah khususnya peserta didik SMP memiliki kebiasaan membaca Al Qur’an setiap hari, misalnya dengan mengajak peserta didik membaca Al Qur’an ketika di ruang kelas sebelum memulai pelajarannya. Sehingga setelah terbiasa membaca Al Qur’an nantinya dapat menciptakan seluruh warga sekolah cinta kepada Al Qur’an.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dispendik berpesan kepada semua peserta agar melaporkan hasil kegiatan ini kepada kepala sekolah dan membuat rencana tindak lanjut yakni adanya program kelas tahfidz di masing-masing lembaga SMP Negeri/Swasta Se-Kabupaten Probolinggo sekalipun hanya hafal surat-surat pendek juz 29 & 30. Proses menghafal Al qur’an akan meningkatkan kecerdasan, baik kecerdasan spiritual maupun intelektual. Melalui kecerdasan spiritual, peserta didik akan sadar akan potensi-potensi yang dimilkinya dan berkeinginan untuk terus menggali dan mengembangkan potensi yang telah mereka miliki. Dalam segi kecerdasan intelektual, peserta didik akan terlatih untuk mengingat tentang apa yang dibaca dan dihafal. Maka kemungkinan peserta didik juga akan mudah untuk menghafalkan ilmu-ilmu yang lain, sehingga dapat meningkatkan IPM di Kabupaten Probolinggo dan menciptakan Generasi yang cerdas, berakhlaqul karimah dan cinta kepada Al Qur’an.

Back to top button