KedinasanPendidikan

200 Kepala SMP Negeri/Swasta Kab. Probolinggo ikuti Pembinaan Sekolah Ramah Anak

 

 

Dalam rangka Pembinaan Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMP, Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo menyelenggarakan Kegiatan Pembinaan Sekolah Ramah Anak yang dilaksanakan pada hari Senin s/d Kamis, tanggal 23 s/d 26 November 2020 bertempat di Aula Pertemuan Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo diikuti oleh 200 orang Kepala SMP Negeri/Swasta Se-Kabupaten Probolinggo yang terbagi dalam 4 (empat) gelombang.

Selama kegiatan, para peserta mendapatkan materi dari narasumber yang berasal dari Tim Sekolah Ramah Anak Kab. Probolinggo dan Pengawas SMP Dispendik Kab. Probolinggo.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman konsep program sekolah ramah anak, sehingga Sekolah Ramah Anak pada satuan pendidikan SMP Negeri/Swasta di Kabupaten Probolinggo dapat terwujud.” Kata Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMP H. Nurul Yaqin, S.Kom. M.Si

Kepala Bidang Pembinaan SMP Fahrurrozi, SE., MM. menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan adanya komitmen bersama antar warga sekolah untuk dapat memenuhi, menjamin dan melindungi hak anak, mampu mengembangkan minat, bakat dan kemampuan anak serta mempersiapkan anak untuk bertanggung jawab kepada kehidupan yang toleran, saling menghormati, dan bekerjasama untuk kemajuan dan semangat perdamaian sehingga tidak hanya melahirkan generasi yang cerdas secara intelektual, namun juga melahirkan generasi yang cerdas secara emosional dan spiritual di Kabupaten Probolinggo.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo DR. H. Fathur Rozi, M.Fil.I dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal pengendalian internal sekolah dan upaya warga sekolah dalam mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran yang efektif, efisien, sistematis dan berkesinambungan sehingga seluruh peserta didik dapat secara aktif mengembangkan potensi dirinya yang nantinya diharapkan dapat mewujudkan dalam dirinya kekuatan spiritual keagamaan yang tinggi, kecerdasan, pengendalian diri, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan yang akan berguna baik bagi dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Kepala Dinas Pendidikan berpesan kepada semua peserta setelah kegiatan ini ada tindaklanjut penerapan Program Sekolah Ramah Anak di satuan pendidikan SMP Negeri/Swasta Se-Kab. Probolinggo, dimana seluruh warga sekolah dalam penerapan Sekolah Ramah Anak dan mengembangkan SRA agar berpedoman pada Permen Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak No.08 tahun 2014 tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak.

Harapannya dengan terwujudnya Sekolah Ramah Anak, dimana Sekolah Ramah Anak merupakan salah satu indikator pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak dapat mewujudkan Kabupaten Probolinggo sebagai Kabupaten Layak Anak.

Back to top button